Jurnal Edukasi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 2 No. 2 (2024)

PENGARUH DIRECT METHOD TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Makrifah, Nurul (Unknown)
Fauzi, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2024

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah problem keterampihan speaking siswa yang kurang diasah dan kurangnya metode pembelajaran yang efektif dalam menunjang tumbuh kembang keterampilan speaking siswa. Maka dirumuskanlah rumusan masalah pada penelitian ini sebagai berikut, bagaimana respons siswa terhadap implementasi direct method di kelas 4 MI An-Nuriyah, bagaimana kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa kelas 4 MI An-Nuriyah, bagaimana pengaruh direct method terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa kelas 4 MI An-Nuriyah. Penelitian ini dilakukan di kelas 4 MI An-Nuriyah, Kwanhyar, Bangkalan. Dengan menggukan jenis penelitian kuantitatif deskriptif, dan pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, angket kepada peserta didik, wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa pertama, ada pengaruh Implementasi direct method terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa di kelas 4 MI An Nuriyah, hal ini terbukti dari hasil analisis data, bahwa nilai r hitung 0,723 lebih besar daripada nilai r tabel product moment, dimana pada N=40 dalam interval kepercayaan 5% diperoleh nilai 0,312 dan dalam interval kepercayaan 1% diperoleh nilai 0,403. Kedua, Implementasi direct method mempengaruhi keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa di kelas 4 MI An Nuriyah, karena nilai r hitung 0,723 berada pada rentetan angka 0,600 sampai 0,800 dengan interpretasi tinggi/ kuat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jemi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Edukasi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah is a scientific journal that contains the results of research, analysis, or literature review in the fields of mathematics, science, Indonesian language, citizenship and social studies education for basic education levels. This journal publishes ...