Jurnal Edukasi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 3 No. 1 (2025)

IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MI PANCASILA MODOPURO MOJOKERTO

Kusnul Munfa'ati (Unknown)
Ega Aisa Dita (Unknown)
Nabillah Aisringgani (Unknown)
M. Sulaiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Jumlah masyarakat buta huruf Al-Quran di Indonesia mencapai 38,49%. Keadaan ini menjadi permasalahan bagi Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Permasalahan ini disebabkan karena belum adanya metode yang tepat dalam mempelajari Al-Quran. Metode Ummi kemudian hadir dengan komitmen menyelesaikan permasalahan buta aksara Al Qur’an. Materi Tajwid dan Makharijul Huruf menjadi salah satu inti metode pembelajaran Ummi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami, menganalisis dan mendeskripsikan metode Ummi yang dikembangkan di MI Pancasila Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Koordinator Ummi, dan Peserta didik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan metode Ummi meningkatkan keterampilan membaca Peserta didik pada aspek hafalan, makhorijul huruf, serta terdapat faktor pendukung dan penghambat didalamnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jemi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Edukasi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah is a scientific journal that contains the results of research, analysis, or literature review in the fields of mathematics, science, Indonesian language, citizenship and social studies education for basic education levels. This journal publishes ...