Penelitian ini menganalisis tentang pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah pada Bank BPR Pakan Rabaa Solok Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah pada Bank BPR Pakan Rabaa Solok Selatan, 2) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Bank BPR Pakan Rabaa Solok Selatan, 3) untuk mengetahui pengaruh kepercayaan terhadap kepuasan nasabah Bank BPR Pakan Rabaa Solok Selatan, dan 4) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah secara simultan pada Bank BPR Pakan Rabaa Solok Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan descriptive dan kausal, analisis data mengunakan analisa deskriptif dan analisa kausal mengunakan aplikasi SPSS 25. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 8.401 orang, namun dalam penelitian sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan kepercayaan secara parsial maupun simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Bank BPR Pakan Rabaa Solok Selatan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan menambah kepercayaan maka semakin tinggi tingkat kepuasan nasabah.
Copyrights © 2025