Teknologi digital yang saat ini berkembang pesat menuntut semua bidang untuk bisa berinovasi, misalnya pada dunia pendidikan sendiri diharapkan dapat menciptakan proses pembelajaran yang menarik dan efektif. Salah satu inovasi yang berkembang pesat adalah penerapan Virtual Reality (VR), yang mampu menghadirkan pengalaman belajar imersif dan interaktif. Namun, permasalahan yang dihadapi di SMK Swasta Global Cendekia Pekanbaru adalah rendahnya minat belajar siswa, terutama pada materi yang bersifat teori dan abstrak. Kondisi ini terlihat dari rendahnya partisipasi aktif di kelas, fluktuasi kehadiran, dan menurunnya motivasi saat pembelajaran konvensional. Sebagai solusi, dilaksanakan Workshop Virtual Reality yang dirancang untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa dalam memanfaatkan teknologi VR sebagai media pembelajaran. Metode kegiatan meliputi sosialisasi konsep VR, demonstrasi penggunaan perangkat, praktik langsung oleh siswa, dan diskusi interaktif terkait penerapan VR dalam pembelajaran. Hasil pelaksanaan workshop menunjukkan peningkatan antusiasme dan keterlibatan siswa selama kegiatan, dengan respon positif terhadap penggunaan VR sebagai media belajar yang lebih menarik dan kontekstual. Kegiatan ini memberikan manfaat berupa terciptanya suasana belajar yang menyenangkan, peningkatan rasa ingin tahu, serta mendorong pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran di SMK Swasta Global Cendekia.
Copyrights © 2025