Jurnal Pendidikan Abad Ke-21
Vol 2, No 1 (2024)

Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Phet Simulation terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Kerapatan Zat Kelas VII

Firmansyah, Dede (Unknown)
Ramadhan, Amara Dhiva Shifani (Unknown)
Rindi, Rindi (Unknown)
Hafidah, Siti Nur (Unknown)
Toebing, Retty Lia (Unknown)
Koimah, Koimah (Unknown)
Sari, Delia Nurpuspita (Unknown)
Aulia, Winda (Unknown)
Pratiwi, Nurma Yuni (Unknown)
El Islami, R. Ahmad Zaky (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji keefektifan media pembelajaran simulasi interaktif PhET (Physics Education Technology) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi kerapatan zat kelas VII. Penelitian ini menggunakan pra-eksperimen. Penelitian ini dimulai dengan pengumpulan data, pengumpulan data menggunakan hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi kerapatan zat. Subyek penelitian ini yaitu peserta didik di salah satu SMP Negeri di Serang kelas VII yang berjumlah 39 orang. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa media PhET berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Selain itu, terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui media pembelajaran simulasi interaktif PhET. Media PhET dapat membantu peserta didik dalam menangkap konsep visual serta menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada konsep-konsep yang bersifat absrak atau sulit untuk diuraikan dalam pembelajaran sehingga dengan menggunakan media PhET dapat membangkitkan keterampilan peserta didik melalui identifikasi masalah. PhET memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari simulasi PhET efesien dipergunakan untuk mengartikan konsep materi fisika yang bersifat abstrak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpak

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pendidikan Abad Ke-21 publishes research articles in the field of education in the 21st ...