Minat belajar PAI pada siswa Sekolah Menengah rendah karena metode pembelajarannya yang konvensional dan monoton. Materi PAI yang disajikan tidak sesuai dengan realitas siswa sebagai generasi digital, sehingga dianggap membosankan dan tidak menarik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan (library research) yang berfokus pada eksplorasi, sintesis, dan analisis mendalam terhadap khazanah literatur yang telah ada. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android untuk meningkatkan minat belajar PAI pada siswa sekolah menengah. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: 1). Urgensi pengembangan media android dalam pembelajaran PAI di era digital adalah bahwa pengembangan media Android menjadi solusi kritis untuk menjembatani kesenjangan antara karakteristik belajar generasi digital yang akrab teknologi dengan metode pembelajaran PAI konvensional yang dinilai kurang menarik. 2). Proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android adalah bahwa proses pengembangan mengikuti model R&D melalui tahapan sistematis mulai analisis kebutuhan, perancangan storyboard, pembuatan prototipe, validasi ahli, hingga uji coba terbatas untuk memastikan kelayakan produk. 3). Implementasi dan efektivitas media dalam meningkatkan minat belajar PAI adalah bahwa implementasi media berbasis Android terbukti efektif meningkatkan minat belajar melalui penyajian materi yang interaktif, visual, dan kontekstual, sehingga membuat pembelajaran PAI lebih menarik dan relevan bagi siswa. Implementasi hasil penelitian ini dapat dilakukan dalam tiga langkah praktis. Pertama, membentuk tim pengembang yang merancang aplikasi sesuai kurikulum dan kebutuhan siswa. Kedua, menerapkan media melalui blended learning dengan menggunakan aplikasi sebagai suplemen pembelajaran di dalam dan luar kelas. Ketiga, melakukan evaluasi berkala melalui analisis partisipasi siswa untuk mengukur peningkatan minat belajar.
Copyrights © 2024