Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 8, No 9 (2025): MARTABE : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

IMPLEMENTASI LMS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI ERA PEMBELAJARAN DIGITAL

Fauzi, Rahmad (Unknown)
Nur Nasution, Hanifah (Unknown)
Zainy, Ahmad (Unknown)
Hidayat, Thofik (Unknown)
Fuady Dharma Harahap, Andes (Unknown)
Ermawita, Ermawita (Unknown)
Hakim Siregar, Lukman (Unknown)
Lestari Siregar, Hotmaida L (Unknown)
Wahyuni Rozi Nasution, Sari (Unknown)
Aninditya Siregar, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, khususnya pada proses pembelajaran digital. Guru dituntut untuk mampu memanfaatkan teknologi agar pembelajaran menjadi lebih efektif, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik di era digital. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan guru melalui pelatihan penggunaan Learning Management System (LMS) sebagai media pendukung pembelajaran digital. Metode kegiatan dilakukan melalui workshop, pendampingan, serta praktik langsung dalam pembuatan kelas virtual, manajemen materi, serta evaluasi pembelajaran berbasis LMS. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola kelas digital, meningkatkan interaksi dengan siswa, serta memperluas akses pembelajaran tanpa batas ruang dan waktu. Dengan adanya program ini, diharapkan guru semakin percaya diri dalam menggunakan teknologi pendidikan dan mampu menciptakan suasana belajar yang inovatif dan berkualitas

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

martabe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Martabe Journal -Jurnal Pengabdian Masyarakat, published by Institute of Research and Community Service Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. This journal contains the results of publication lecturers to the community of agrokompleks, Teacher Training and Science of teknosains, and sosbudkum ...