JoEMS : Journal of Education and Management Studies
Vol. 8 No. 5 (2025): Oktober

Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Rendah di SDN Poja II

Fadli, Moh (Unknown)
Nurhakim, Lukman (Unknown)
Ameliana, Ameliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menjelaskan metode yang digunakan guru di SDN Poja II untuk mengatasi kesulitan membaca yang dihadapi anak-anak kelas bawah. Tantangan membaca yang umum termasuk kurangnya keterampilan mengenali huruf, kesulitan mengeja, dan ketidakmampuan untuk memahami apa yang sedang dibaca. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, wawancara mendalam, serta analisis dokumentasi dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari guru yang mengajar di kelas I, II, dan III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan meliputi pendekatan fonik, penggunaan media gambar dan kartu kata, pembelajaran remedial secara individual, serta keterlibatan orang tua dalam proses belajar di rumah. Selain itu, terdapat faktor pendukung seperti ketersediaan media pembelajaran yang memadai dan dukungan sekolah, serta faktor penghambat seperti perbedaan tingkat kemampuan siswa dalam satu kelas. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan guru dalam literasi awal dan kolaborasi lebih intens antara sekolah dan orang tua

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joems

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Journal of Education and Management Studies Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (JoEMS) provides a media to publish scientific articles as a result of research and development in social and political fields. JoESM publishes research, development and review articles in social and political fields with ...