Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menjelaskan metode yang digunakan guru di SDN Poja II untuk mengatasi kesulitan membaca yang dihadapi anak-anak kelas bawah. Tantangan membaca yang umum termasuk kurangnya keterampilan mengenali huruf, kesulitan mengeja, dan ketidakmampuan untuk memahami apa yang sedang dibaca. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, wawancara mendalam, serta analisis dokumentasi dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari guru yang mengajar di kelas I, II, dan III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan meliputi pendekatan fonik, penggunaan media gambar dan kartu kata, pembelajaran remedial secara individual, serta keterlibatan orang tua dalam proses belajar di rumah. Selain itu, terdapat faktor pendukung seperti ketersediaan media pembelajaran yang memadai dan dukungan sekolah, serta faktor penghambat seperti perbedaan tingkat kemampuan siswa dalam satu kelas. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan guru dalam literasi awal dan kolaborasi lebih intens antara sekolah dan orang tua
Copyrights © 2025