Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 4 No. 1s (2023): Special Isuee

UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASIC LEARNING KELAS VII SMP NEGERI 1 TOWUTI

Baria, . (Unknown)
Wuisang, Jerry (Unknown)
Korengkeng, Noula (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2025

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pengajaran berbasis masalah dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada kompetensi dasar memahami Aktivitas memenuhi kebutuhan manusia pada peserta didik kelas VII semester ganjil di SMP Negeri  1 Towuti tahun pembelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan dengan 2 putaran yang meliputi 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data dalam dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tertinggi meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu dari 87 menjadi 93, nilai terendah dari 50 pada siklus 1 menjadi 67 pada siklus 2. Demikian juga rata-rata mengalami peningkatan yaitu 6,18 pada siklus 1 menjadi 75,18 pada siklus 2. Untuk prosentase belajar juga mengalami peningkatan dari 69% pada siklus 1 menjadi 75% pada siklus 2. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pengajaran berbasis Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada kompetensi dasar memahami Aktivitas memenuhi kebutuhan manusia, peserta didik kelas VII semester ganjil di SMP Negeri  1 Towuti tahun pembelajaran 2022/2023. Kata Kunci: Minat  Belajar Ekonomi,  Model Pembelajaran Problem Basic Learning     ABSTRACT This research aims to find out whether the application of the problem-based learning model can improve social studies learning achievement in the basic competency of understanding activities to meet human needs in class VII odd semester students at SMP Negeri 1 Towuti for the 2022/2023 academic year. academic year. This type of research is Classroom Action Research (PTK). This PTK is carried out in 2 rounds which includes 4 stages, namely: planning, implementation, observation and reflection. The data analysis technique in this research is descriptive qualitative with the results of the research showing the highest increase in value from cycle 1 to cycle 2, namely from 87 to 93, the lowest value from 50 in cycle 1 to 67 in cycle 2. Likewise, the average increased, namely 6.18 in cycle 1 to 75.18 in cycle 2. The learning percentage also increased from 69% in cycle 1 to 75% in cycle 2. In this research it can be concluded that the Problem Based Learning model can improve social studies learning achievement in the basic competency of understanding activities to meet human needs, for class VII students in odd semesters at SMP Negeri 1 Towuti for odd semesters. 2022/2023 academic year. Keywords: Interest in Learning Economics, Basic Problem Learning Model  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...