Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan Kemampuan Pemecahan Masalah (KPM), Pengetahuan Dasar Matematika (PDM) siswa dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan pengetahuan dasar matematika siswa. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri 2 Konawe Selatan. Pengambilan subjek menggunakan nilai tes soal pemecahan masalah berdasarkan pengetahuan dasar matematika sebanyak 9 subjek, yaitu subjek dari PDM rendah, sedang, tinggi dan KPM rendah, sedang dan tinggi. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah (KPM) siswa masih dalam kategori sedang. Hal tersebut disebabkan karena siswa tidak menguasai indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Pengetahuan Dasar Matematis (PDM) siswa masih dalam kategori sedang. Hal tersebut disebabkan masih banyak siswa yang tidak menguasai materi khususnya pada pengoperasian penjumlahan, perkalian, dan pembagian, dan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan pengetahuan dasar matematis siswa masih tergolong sedang. Hal tersebut disebabkan oleh siswa yang cenderung melewatkan indikator kemampuan pemecahan masalah dan pengetahuan pemecahan masalah yang masih tergolong kategori sedang juga mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematikanya. Tujuan yang lainnya sebagai informasi kepada pihak sekolah sehingga dapat di manfaatkan untuk perbaikan sekolah.
Copyrights © 2023