Jurnal Penelitian dan Inovasi Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2025): Februari

GREEN SCHOOL MOVEMENT: PROGRAM PENGHIJAUAN BERBASIS PARTISIPASI SISWA DI SMAN 2 SANDAI

Wulandari, Selvi (Unknown)
Yanti, Frestika Dania (Unknown)
Suriansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan siswa SMAN 2 Sandai dalam bidang penghijauan dan pelestarian lingkungan melalui program Green School Movement (GSM) yang dilaksanakan oleh Biologi club SMAN 2 Sandai. Program ini menggabungkan sesi teori dan praktik yang komprehensif untuk memberikan pengetahuan teoritis serta keterampilan praktis yang diperlukan dalam penghijauan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan partisipatif, melibatkan 32 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi pretest, posttest, observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan siswa mengenai penghijauan, dengan peningkatan rata-rata skor post-test sebesar 30%. Sebanyak 95% siswa merasa lebih siap dan termotivasi untuk melanjutkan kegiatan penghijauan di rumah dan lingkungan sekitar, serta 75% siswa merasa lebih percaya diri dalam melakukan penghijauan. Program ini berhasil menanamkan nilai-nilai keberlanjutan dan membangun generasi yang peduli terhadap lingkungan. Dengan pendekatan sistematis dan terstruktur, program GSM ini diharapkan dapat dijadikan model untuk sekolah-sekolah lain guna memperluas dampak positif terhadap lingkungan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eduspectra

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Public Health

Description

Jurnal Penelitian dan Inovasi Pendidikan merupakan jurnal peer-review, dan mengkhususkan diri dalam naskah penelitian lapangan dan kajian referensi yang inovatif. Tujuan jurnal ini yaitu untuk memberikan gambaran yang luas mengenai inovasi yang tercipta kepada pembaca tentang seluruh bidang ilmu ...