cover
Contact Name
Sudiansyah
Contact Email
lukmannurhakim.sbs24@gmail.com
Phone
+6282351771780
Journal Mail Official
smansandai.02@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Istana - Penjawaan Dusun Tangga Tanah Desa Sandai Kiri Kecamatan Sandai Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat
Location
Kab. ketapang,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Penelitian dan Inovasi Pendidikan
Published by Sma Negeri 2 Sandal
ISSN : -     EISSN : 31091083     DOI : -
Jurnal Penelitian dan Inovasi Pendidikan merupakan jurnal peer-review, dan mengkhususkan diri dalam naskah penelitian lapangan dan kajian referensi yang inovatif. Tujuan jurnal ini yaitu untuk memberikan gambaran yang luas mengenai inovasi yang tercipta kepada pembaca tentang seluruh bidang ilmu pendidikan dan menyajikan perkembangan melalui publikasi artikel dan laporan penelitian baik kajian lapangan maupun literatur. Jurnal ini memfokuskan kepada hal-hal yang berkaitan dengan bidang yang terkait dengan pendekatan Multidisipliner, yang meliputi: Ilmu Ekonomi dan Bisnis, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Humaniora, Ilmu Sosial, Komunikasi, Teknik, Informatik, Pertanian, Perikanan, Kehutanan, Kesehatan dan Kedokteran, Ilmu Pendidikan, Ilmu Humaniora, dsb.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
IMPLEMENTASI COACHING DALAM PEMBELAJARAN: MENGUATKAN TUJUH DIMENSI BELAJAR BERBASIS LINGKUNGAN DI SEKOLAH MENENGAH Sumarni, Rita; Feriyadi, Deri; Anita, Anita
Jurnal Penelitian dan Inovasi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2025): Februari
Publisher : SMA Negeri 2 Sandai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas implementasi coaching dalam pembelajaran dalam memperkuat Tujuh dimensi Belajar (P7) yang berorientasi lingkungan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi pengaruh coaching terhadap kesadaran lingkungan dan penghayatan nilai-nilai P7 di kalangan siswa SMAN 2 Sandai dan SMK Matan Hilir Utara. Data dikumpulkan dari siswa dan guru bidang studi di beberapa sekolah menengah yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan coaching secara signifikan meningkatkan minat belajar, keterlibatan, dan pemahaman siswa. Sebanyak 80% siswa merasa pelajaran yang terintegrasi dengan isu lingkungan lebih relevan, dan 75% merasa lebih termotivasi belajar. Guru melaporkan efektivitas coaching dalam meningkatkan kesadaran lingkungan dan minat belajar, meskipun ada tantangan dalam penyesuaian waktu dan materi. Observasi kelas menunjukkan keterlibatan tinggi siswa dalam diskusi dan tugas terkait nilai-nilai P7 dan isu lingkungan. Proyek siswa menampilkan kreativitas dan inovasi dalam solusi lingkungan serta penerapan nilai-nilai P7. Refleksi siswa menunjukkan 90% mengalami perubahan positif dalam pandangan mereka tentang kegiatan pembelajaran dan mampu menerapkan nilai-nilai P7 dalam kehidupan sehari-hari. Secara keseluruhan, integrasi coaching dalam pembelajaran memperkaya pengalaman belajar dan memperkuat karakter siswa sebagai warga yang bertanggung jawab dan peduli lingkungan.
INTEGRASI TRADISI KEAGAMAAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS Susandi, Harman; Ghozali, Mahfud; Anan, Chairul; Jupriannur, Muhammad; Efendi, Mauli; Arif
Jurnal Penelitian dan Inovasi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2025): Februari
Publisher : SMA Negeri 2 Sandai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang kontekstual dan berbasis budaya lokal menjadi kebutuhan dalam menjaga relevansi ajaran Islam dengan kehidupan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi tradisi keagamaan berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran PAI di SMAN 2 Sandai serta efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman keislaman dan karakter religius peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus berbasis best practice, di mana guru PAI berperan sebagai peneliti. Data dikumpulkan melalui jurnal reflektif guru, wawancara dengan kepala sekolah, guru, peserta didik, dan tokoh masyarakat, serta observasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi tradisi seperti tahlilan, Maulid Nabi, pemulasaraan jenazah, dan saprahan mampu memperkuat pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai Islam, sekaligus membentuk kesadaran sosial dan spiritual. Dukungan sekolah dan masyarakat menjadi faktor utama dalam keberhasilan model ini, meskipun terdapat tantangan dalam pengelolaan waktu dan ketersediaan bahan ajar berbasis tradisi lokal. Diskusi penelitian mengungkap bahwa pendekatan ini tidak hanya menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna, tetapi juga berperan dalam melestarikan nilai-nilai Islam di tengah modernisasi. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa pembelajaran PAI berbasis tradisi keagamaan lokal efektif dalam meningkatkan pemahaman agama dan membangun karakter peserta didik. Rekomendasi mencakup penyusunan kurikulum yang lebih fleksibel, pelatihan guru, serta penguatan kolaborasi antara sekolah dan masyarakat agar model ini dapat diterapkan secara lebih luas dan berkelanjutan.
GREEN SCHOOL MOVEMENT: PROGRAM PENGHIJAUAN BERBASIS PARTISIPASI SISWA DI SMAN 2 SANDAI Wulandari, Selvi; Yanti, Frestika Dania; Suriansyah
Jurnal Penelitian dan Inovasi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2025): Februari
Publisher : SMA Negeri 2 Sandai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan siswa SMAN 2 Sandai dalam bidang penghijauan dan pelestarian lingkungan melalui program Green School Movement (GSM) yang dilaksanakan oleh Biologi club SMAN 2 Sandai. Program ini menggabungkan sesi teori dan praktik yang komprehensif untuk memberikan pengetahuan teoritis serta keterampilan praktis yang diperlukan dalam penghijauan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan partisipatif, melibatkan 32 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi pretest, posttest, observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan siswa mengenai penghijauan, dengan peningkatan rata-rata skor post-test sebesar 30%. Sebanyak 95% siswa merasa lebih siap dan termotivasi untuk melanjutkan kegiatan penghijauan di rumah dan lingkungan sekitar, serta 75% siswa merasa lebih percaya diri dalam melakukan penghijauan. Program ini berhasil menanamkan nilai-nilai keberlanjutan dan membangun generasi yang peduli terhadap lingkungan. Dengan pendekatan sistematis dan terstruktur, program GSM ini diharapkan dapat dijadikan model untuk sekolah-sekolah lain guna memperluas dampak positif terhadap lingkungan.
ANALISIS KARAKTER TOKOH UTAMA DALAM TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN Sudianto, Iin; Lestari, Evi Dwi; Wahyudin, Ali; Nurmnsyah, Lukbi
Jurnal Penelitian dan Inovasi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2025): Februari
Publisher : SMA Negeri 2 Sandai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Buya Hamka merupakan salah satu karya sastra klasik yang memiliki nilai literer tinggi serta mengandung pesan moral yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakterisasi tokoh utama, struktur naratif, serta aspek kebahasaan dalam novel ini, sekaligus mengkaji kontribusinya terhadap pendidikan karakter dan pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis sastra dan pendidikan karakter. Data dikumpulkan melalui studi dokumen, yang mencakup pembacaan mendalam terhadap teks novel serta kajian literatur dari penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakterisasi tokoh utama, khususnya Zainuddin dan Hayati, merefleksikan konflik sosial dan tekanan adat yang membentuk dinamika cerita. Struktur naratif dalam novel ini mengikuti pola alur klasik dengan tahapan eksposisi, konflik, klimaks, peleraian, dan resolusi, yang memperkuat tema pengorbanan dan keterbatasan individu di hadapan norma sosial. Dari aspek kebahasaan, penggunaan diksi puitis, metafora, dan bahasa Melayu klasik memperkaya estetika sastra serta memberikan wawasan tentang perkembangan bahasa Indonesia. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa novel ini tidak hanya berperan sebagai karya sastra tetapi juga sebagai media pembelajaran yang efektif dalam membentuk karakter, pemahaman budaya, serta keterampilan literasi peserta didik.
PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN SAINS MELALUI KEGIATAN SCIENCE INNOVATION CAMP (SIC)  PELATIHAN ALAT UJI ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT Saputri, A.A; Yanti, Frestika Dania; Suri; Wulandari, Selvi
Jurnal Penelitian dan Inovasi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2025): Februari
Publisher : SMA Negeri 2 Sandai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Program Science Innovation Camp (SIC) di SMA Negeri 2 Sandai bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan sains melalui pelatihan pembuatan alat uji elektrolit dan non-elektrolit. Program ini memperkuat pemahaman siswa mengenai konsep sains yang abstrak dengan mengintegrasikan teori dan praktik. Selain itu, program ini fokus pada pengembangan kreativitas dan keterampilan praktis siswa, memotivasi mereka untuk lebih aktif belajar, dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di dunia kerja dan pendidikan tinggi. Pelaksanaan program melibatkan persiapan modul pelatihan, sesi teori, praktik pembuatan alat uji, dan evaluasi hasil. Siswa dibimbing oleh guru dan tim pelaksana, dengan proses yang dipantau secara berkala. Sampel siswa dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan target minimal 20 siswa per sesi pelatihan. Instrumen yang digunakan meliputi modul pelatihan, lembar observasi, kuesioner, dan tes praktikum. Hasil menunjukkan keterlibatan siswa yang tinggi, kemampuan perakitan alat yang baik, kepatuhan terhadap prosedur, kerja sama tim yang solid, dan pemahaman konsep yang mendalam. Program ini tidak hanya meningkatkan pemahaman teoretis siswa tetapi juga memberikan pengalaman praktis yang mendalam, memperkuat keterampilan sosial dan minat terhadap sains. Program ini terbukti efektif dalam mengajarkan konsep sains yang kompleks dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2025 2025