Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 11 No 1 (2024)

PROFIL PELAKSANAAN ASESMEN DIAGNOSTIK PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SD GUGUS IV TEMBUKU

Setiawati, Ni Wayan Indah (Unknown)
Numertayasa, I Wayan (Unknown)
Astuti, Ni Putu Eni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan asesmen diagnostik dalam pembelajaran berdiferensiasi di SD Gugus IV Tembuku. Kurikulum Merdeka, yang menekankan pada kebebasan belajar dan penyesuaian dengan kebutuhan individu siswa, telah diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang praktik asesmen diagnostik oleh guru-guru kelas IV di tujuh sekolah dasar dalam gugus tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumen, kemudian dianalisis menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan variasi dalam pelaksanaan asesmen diagnostik, dari tes tertulis hingga wawancara langsung, dengan sebagian besar guru melaksanakan asesmen non-kognitif. Kendala yang dihadapi mencakup keterbatasan sumber daya, dan kurangnya pemahaman tentang metode asesmen yang tepat. Agar Sekolah Dasar di Gugus IV Tembuku dapat melakukan evaluasi diagnostik, manajemen waktu sangatlah penting. Guru harus membuat rencana yang cermat, termasuk menetapkan tujuan materi dan mengembangkan jadwal penilaian yang terorganisir. Disarankan agar pelatihan dan dukungan lebih lanjut diberikan kepada guru untuk meningkatkan efektivitas asesmen diagnostik, serta penelitian lanjutan dilakukan untuk mengeksplorasi aspek lain dari pembelajaran berdiferensiasi.Kata kunci:  pembelajaran berdiferensiasi; asesmen diagnostik; sekolah dasar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...