Fatih: Journal of Contemporary Research
Vol. 2 No. 2 (2025): July-December

Pengaruh Pembelajaran Berbasis STEAM Terhadap Kemampuan Matematika Awal Anak Usia Dini 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Busthanul Athfal 18 Medan Area

Nur Aisyah (Unknown)
Salim (Unknown)
Ahmad Syukri Sitorus (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) terhadap kemampuan matematika awal anak usia 5–6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 18 Medan Area. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pengembangan kemampuan matematika sejak usia dini sebagai dasar berpikir logis, kritis, dan sistematis. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi experiment). Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberikan pembelajaran berbasis STEAM dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan matematika awal anak berupa lembar observasi dan tes unjuk kerja. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan matematika awal anak yang mengikuti pembelajaran berbasis STEAM dibandingkan dengan anak yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pembelajaran berbasis STEAM berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan matematika awal anak usia 5–6 tahun. Penelitian ini merekomendasikan penerapan pendekatan STEAM sebagai strategi pembelajaran yang inovatif dan efektif di pendidikan anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

fatih

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

The focus and scope of Fatih Journal of Contemporary Research is on various issues in multidisciplinary fields, both as material objects and formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners, and observers of interdisciplinary studies to publish their research results in ...