Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 12, No 2 (2024): Jurnal Surya Bahtera

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Nasirrudin, Mohammad (Unknown)
Bagiya, Bagiya (Unknown)
Setyorini, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2024

Abstract

Abstrak: Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan media audio visual merupakan pendekatan inovatif dalam pendidikan sastra yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengekspresikan diri melalui puisi.Saat ini, pembelajaran puisi di sekolah sering kali menghadapi tantangan dalam mempertahankan minat siswa serta kesulitan dalam memahami dan mengapresiasi keindahan puisi secara mendalam. Terdapat kebutuhan akan metode pembelajaran yang lebih dinamis dan interaktif untuk membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan menulis puisi dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan media audio visual dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimental dengan melibatkan penggunaan teknologi media audio visual seperti video pembelajaran, rekaman suara, dan visualisasi untuk memfasilitasi pembelajaran menulis puisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat signifikan meningkatkan kualitas puisi yang dihasilkan oleh siswa serta pemahaman mereka terhadap teknik-teknik menulis puisi. Implementasi media audio visual dalam pembelajaran puisi dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam mengekspresikan ide dan perasaan mereka melalui puisi, serta memperdalam pemahaman mereka terhadap keindahan dan makna dalam karya sastra. Kata kunci: Menulis Puisi, Media audio visual Abstract: Improving poetry writing skills using audio-visual media is an innovative approach in literary education that aims to improve students' ability to express themselves through poetry. Currently, poetry learning in schools often faces challenges in maintaining students' interest as well as difficulties in understanding and appreciating the beauty of poetry in its entirety. deep. There is a need for more dynamic and interactive learning methods to help students develop poetry writing skills better. This research aims to explore the effectiveness of using audio-visual media in improving students' skills in writing poetry. This research uses an experimental approach involving the use of audio-visual media technology such as learning videos, sound recordings and visualizations to facilitate learning to write poetry. The research results show that the use of audio visual media can significantly improve the quality of poetry produced by students and their understanding of poetry writing techniques. The implementation of audio-visual media in poetry learning can motivate students to be more active in expressing their ideas and feelings through poetry, as well as deepen their understanding of the beauty and meaning in literary works. Keywords: Writing Poetry, Audio visual media 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bahtera

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Bahtera merupakan jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya. Jurnal ini sebagai media publikasi karya tulis ilmiah yang dihimpun oleh Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muhammadiyah Purworejo ...