Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 3 (2025): Irje 2025

Etika dalam Penelitian Kualitatif: Tinjauan Literatur atas Prinsip, Tantangan, dan Implementasi dalam Konteks Masa Kini

Prasetiyowati, Tri (Unknown)
Nursalim, Mochamad (Unknown)
Habsy, Bakhrudin All (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah prinsip etika, kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan lapangan, serta strategi penerapan etika dalam penelitian kualitatif. Pentingnya etika dalam pendekatan ini terletak pada intensitas interaksi antara peneliti dan partisipan, yang menuntut tanggung jawab moral serta kepekaan sosial. Studi ini menggunakan metode kajian literatur dengan teknik purposive sampling untuk memilih sumber yang relevan, termasuk buku akademik, artikel jurnal ilmiah, dan dokumen kebijakan yang membahas isu etika dalam penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui pembacaan mendalam dan diklasifikasikan berdasarkan tiga fokus utama: prinsip dasar etika, tantangan lapangan, dan strategi implementasi. Analisis dilakukan secara deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip seperti persetujuan berdasarkan informasi, kerahasiaan, keadilan, kejujuran, dan tanggung jawab sosial, esensial untuk melindungi hak partisipan. Sementara itu, tantangan utama yang sering muncul meliputi konflik peran, ketimpangan kekuasaan, dan potensi pelanggaran kerahasiaan. Oleh karena itu, strategi implementasi etika harus dilakukan secara menyeluruh, reflektif, dan kontekstual. Temuan ini berkontribusi pada penguatan praktik penelitian yang etis dan mendorong eksplorasi lebih lanjut di berbagai bidang ilmu sosial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...