Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 6 (2025): Irje 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Keterampilan Menulis Teks Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Air Kumbang

Aprilia, Intan (Unknown)
Effendi, Darwin (Unknown)
Wahidy, Achmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan mengenai pengaruh model pembelajaran think talk write (TTW) terhadap kemampuan menulis teks drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Air Kumbang, Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks drama siswa kelas VIII, melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data observasi dan data hasil tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah 1. Analisis data tes hasil belajar siswa, 2. Uji Normalitas, 3. Uji Homogenitas, 4. Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung 5.149 > dari ttabel 1.677 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran think talk write terhadap keterampilan menulis teks drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Air Kumbang dengan presentase siswa kelas eksperimen yang lebih baik daripada kelas kontrol hingga mendapatkan rentang nilai 60-80 yaitu 44% (11 Siswa), persentase siswa yang mendapatkan rentang nilai 81-90 yaitu 40% (10 siswa) dan siswa yang mendapatkan nilai rentang dari 90-100 sebanyak 16% (4 siswa). Dengan hal ini, model pembelajaran TTW berpengaruh baik dalam hasil belajar siswa terutama dalam materi keterampilan menulis teks drama.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...