Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan manajemen pendidikan Islam dalam pembentukan karakter siswa berdasarkan perspektif pendidikan Islam. Manajemen pendidikan Islam tidak hanya terbatas pada pengelolaan infrastruktur fisik dan aktivitas akademik, tetapi juga mengintegrasikan nilai-nilai moral dan spiritual sebagai bagian mendasar dari proses pendidikan. Nilai-nilai inti dalam Islam seperti kejujuran, tanggung jawab, disiplin, kasih sayang, dan saling menghormati dianggap penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung pembentukan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi pustaka (library research). Langkah-langkah penelitian meliputi: (1) identifikasi topik dan perumusan fokus penelitian, (2) pengumpulan data sekunder dari sumber-sumber ilmiah yang relevan seperti buku akademik, jurnal terindeks, artikel konferensi, dan dokumen resmi terkait manajemen pendidikan Islam dan pendidikan karakter, (3) evaluasi dan seleksi sumber berdasarkan kriteria validitas ilmiah, keterkinian, serta kesesuaian dengan konteks pendidikan Islam, dan (4) analisis isi (content analysis) untuk menggali teori, model, dan praktik yang relevan, serta keterkaitannya dengan pembentukan karakter. Temuan menunjukkan bahwa manajemen yang efektif dan berlandaskan prinsip-prinsip Islam memberikan kontribusi besar terhadap terciptanya suasana pendidikan yang kondusif, harmonis, dan bermakna. Guru memainkan peran sentral sebagai teladan moral melalui sikap, perilaku, pembiasaan, serta keterlibatan pribadi dalam membimbing perkembangan moral dan spiritual siswa. Studi ini menegaskan bahwa pendidikan karakter di sekolah Islam akan lebih efektif apabila terintegrasi dalam seluruh aspek manajemen sekolah mulai dari perencanaan kurikulum, interaksi di kelas, budaya sekolah, hingga gaya kepemimpinan. Kesimpulannya, manajemen pendidikan Islam merupakan instrumen penting dalam membentuk siswa yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga berakhlak mulia dan bertanggung jawab secara sosial, sejalan dengan tujuan utama pendidikan Islam.
Copyrights © 2025