Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 6 (2025): Irje 2025

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Guided Discovery Learning Berbantuan Website untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital dan Berpikir Kritis

Firdaus, Muh Wildanul (Unknown)
Junianto, Junianto (Unknown)
Fonda, Aulia (Unknown)
Ramadhan, Katon Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis guided discovery learning, untuk meningkatkan literasi digital dan kemampuan berpikir kritis, (2) mengetahui kualitas perangkat pembelajaran pada aspek valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang merujuk pada model pengembangan ADDIE dengan lima tahap pengembangan antara lain analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini mengambil siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Grobogan sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan: (1) lembar penilaian modul ajar dan lembar penilaian LKPD untuk  mengukur kevalidan, (2) angket respons guru, angket respons siswa, dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran untuk mengetahui tingkat kepraktisan perangkat pembelajaran, (3) soal tes literasi digital dan kemampuan berpikir kritis untuk mengukur efektifitas  perangkat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kevalidan oleh ahli memenuhi kriteria "valid". Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria “sangat praktis”. Hasil tes menunjukkan perangkat pembelajaran "efektif" dalam meningkatkan kemampuan literasi digital dan berpikir kritis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...