Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 6 (2025): Irje 2025

Pengaruh Media Box Alphabet terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun di RA Raudhoh Hasanah

Indah, Nisti (Unknown)
Kurnia, Rita (Unknown)
Solfiah, Yeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini agar mengetahui seberapa efektif penggunaan media Box Alphabet terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia 4–5 tahun. Permasalahan ditemukan berdasarkan pengamatan awal, di mana anak-anak masih kesulitan dalam menyebutkan, menunjukkan, membunyikan, menyusun, serta mengenali lambang huruf awal dengan gambar. Penelitian memakai metode kuantitatif, desain eksperimen satu kelompok pretest posttest. Subjek penelitian 20 anak di RA Raudhoh Hasanah. Data dianalisis menggunakan uji-t dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mengenal huruf anak, sebelum perlakuan dikategori mulai berkembang. Setelah diberikan perlakuan berupa kegiatan pembelajaran dengan media Box Alphabet selama empat kali pertemuan, terjadi kenaikan signifikan hingga kategori berkembang sangat baik. Analisis statistik (p < 0,05) menunjukkan peningkatan sebesar 68,57% termasuk kategori sedang. Hasil ini membuktikan bahwa penggunaan media interaktif dan menyenangkan seperti Box Alphabet efektif dalam mendukung proses belajar anak usia dini. Implikasinya, bahwa media ini dapat diterapkan untuk menstimulasi keterampilan literasi awal. Penelitian selanjutnya dapat mengkaji penggunaan media serupa di kelompok usia berbeda aspek perkembangan anak lainnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...