Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan teknik meringkas (التلخيص) dalam pembelajaran Maharah al-Qirā’ah (keterampilan membaca) di kelas XII SMA Islam Irtiqoiyah Sentong Krejengan Probolinggo, serta efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman teks bahasa Arab siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik meringkas (التلخيص) dilakukan melalui tahapan membaca teks, mengidentifikasi kosakata baru, menentukan ide pokok (al-fikrah al-ra’īsiyyah), dan menyusun ringkasan menggunakan bahasa sendiri. Guru bertindak sebagai fasilitator yang membimbing siswa dalam memahami struktur kalimat Arab dan makna kontekstual teks. Hasil observasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan pemahaman bacaan, keaktifan berdiskusi, serta motivasi belajar siswa. Selain itu, teknik ini juga berkontribusi pada pembentukan karakter belajar mandiri, berpikir kritis, dan kedisiplinan. Dengan demikian, teknik meringkas (التلخيص) terbukti efektif sebagai strategi pendukung dalam pembelajaran Maharah al-Qirā’ah, karena tidak hanya memperkuat aspek linguistik, tetapi juga mengembangkan kemampuan kognitif dan afektif siswa secara seimbang.
Copyrights © 2025