Pendidikan hijau (Green Education) merupakan salah satu pendekatan dalam pendidikan yang merespon masalah lingkungan serta mengintegrasikan nilai-nilai keberlanjutan ke dalam kurikulum dan budaya sekolah. Tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kepada siswa agar mereka menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan proaktif dalam melindungi dan melestarikan lingkungan. Penelitian ini merupakan kajian metode kualitatif dengan jenis studi pustaka, yaitu sebuah tinjauan terhadap literatur dengan mengumpulkan data konseptual maupun fakta teoritis berdasarkan persepsi peneliti. Dalam pembahasannya bahwa peran green education dalam menanggapi permasalahan stunting nasional secara langung bersinggungan dengan isu lingkungan, seperti perubahan iklim, pencemaran, krisis air, dan lainnya. Strategi dan praktik yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah, seperti mengintegrasikan konten keberlanjutan ke dalam kurikulum, menggunakan metode pembelajaran yang aktif dan partisipatif, serta menciptakan budaya sekolah yang mendukung praktik berkelanjutan dan pelestarian lingkungan. Kesimpulannya, green education merupakan salah satu paradigma penting dalam mengatasi tantangan lingkungan. Dengan memberikan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang tepat kepada siswa, pendidikan hijau dapat membantu menciptakan masa depan yang berkelanjutan.
Copyrights © 2024