Anak yang memiliki kesadaran lingkungan memahami bahwa dirinya adalah bagian dari ekologi yang hidup bersama-sama dengan makhluk hidup lainnya. Membangun kesadaran lingkungan perlu dilakukan sedini mungkin. Namun satuan-satuan PAUD di Indonesia masih belum sepenuhnya memfasilitasi urgensi akan pembentukan kesadaran lingkungan pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai konsep serta upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk membangun kesadaran lingkungan pada anak usia dini. Penelitian ini menerapkan metode studi literatur terhadap penelitian-penelitian terdahulu yang relevan. Hasil penelitian menunjukan bahwa urgensi membangun kesadaran lingkungan bukan hanya menjadi fokus dalam lingkup PAUD di Indonesia, namun sudah sejak lama menjadi fokus dari pendidikan dunia. Kesadaran lingkungan merupakan konstruksi dari tiga dimensi yaitu pengetahuan, sikap dan perilaku. Adapun upaya-upaya yang dapat diterapkan oleh satuan-satuan PAUD untuk membangun kesadaran lingkungan pada anak, yaitu melalui bermain playworld, pendekatan STEM, kegiatan green school, hingga penggunaan media pembelajaran dalam bentuk buku bacaan, seperti misalnya buku komik.
Copyrights © 2024