Kreatifitas menjadi indikator keberhasilan dalam proses pembelajaran dan salah satu kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki peserta didik. Namun, proses pembelajaran yang terjadi belum bisa memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan kratifitas. Model pembelajaran project based learning (PjBL) diyakini dapat meningkatkan kemampuan kreatifitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kreatifitas peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran project based learning (PjBL). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain Non-equivalent Control Group Design. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan test. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pemahaman konsep dengan nilai N-Gain 0.41 untuk kelas eksperimen dan 0,31 untuk kelas control dengan kategori sedang/cukup efektif. Pada analisis uji N-Gain yang dikuatkan oleh hasil uji-T, dimana t-tabel memiliki hasil yang lebih kecil ketimbang t-hitung. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning (PjBL) berpengaruh dalam meningkatkan kreatifitas siswa pada materi ekosistem.
Copyrights © 2024