Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 10 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

UPAYA GURU MEMOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS V SDN 1 RASAU JAYA

Riono, Agus (Unknown)
Fatmawati, Risdiana Andika (Unknown)
Afryaningsih, Yunika (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi upaya yang dilakukan oleh guru dalam memotivasi siswa di kelas V SDN 1 Rasau Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif, yang melibatkan analisis data yang diperoleh dari observasi dan wawancara. Proses analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan observasi dilakukan secara partisipan dan wawancara menggunakan format terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam memotivasi siswa meliputi: 1) Membuat siswa yang aktif pada aktivitas belajar mengajar. 2) Melakukan penciptaan metode pembelajaran yang memiliki variasi. 3) Melakukan penciptaan metode pembelajaran yang memiliki variasi . 4) Mengeskalasikan antusias serta semangat belajar. 5) Memberi penghargaan. 6) Melakukan penciptaan kegiatan yang mengikutsertakan keterlibatan siswa dikelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...