Al-Mafahim: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 7 No. 1 (2024): Jurnal Al-Mafahim Volume 7 Nomor 1 Tahun 2024

PENERAPAN METODE IMLA’ DENGAN BANTUAN KARTU HURUF HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF HIJAIYAH PADA SISWA KELAS 3 MI DARUL ULUM PEKANBARU

Abidin, Zaitun (Unknown)
Dwinabila, Hesty (Unknown)
Simbolon, Parlindungan (Unknown)
Ramadhan, Syahri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan keterampilan menulis huruf hijaiyah pada siswa kelas III MI Darul Ulum Pekanbaru. Hal tersebut dapat dilihat dari tes awal siswa sehingga hasil yang diperoleh tidak sesuai yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode imla’ dengan bantuan kartu huruf hijaiyah untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf hijaiyah pada siswa kelas III MI Darul Ulum Pekanbaru. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode imla’ dengan bantuan kartu huruf hijaiyah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 17 siswa. Pada penelitian ini terdiri atas dua siklus. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yanag mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan menggunakan tes dan lembar pedoman observasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa penerapan metode imla’ dengan bantuan kartu huruf hijaiyah uantuk meningkatkan keterampilan menulis huruf hijaiayah pada siswa kelas III MI Darul Ulum Pekanbaru. Hal ini dapat dibuktikan dari peningkatan keterampilan menulis huruf hijaiyah yang signitif yaitu pada siklus I pertemuan pertama dengan persentase 52,94% dan siklus I pertemuan kedua dengan persentase 64,70%. Dan pada siklus II pertemuan pertama dengan persentase 70,58% dan pada siklus II pertemuan kedua dengan persentase 82,35% dan mencapai tingkat ketuntasan yang diharapkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

almafahim

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Mathematics Other

Description

Jurnal Al-Mafahim : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah is a peer-reviewed journal to discuss about new findings in islamic basic education especially at primary/elementary schools. This journal is publishing original research articles and case studies focused on basic education. The focus is to ...