JoEMS : Journal of Education and Management Studies
Vol. 8 No. 3 (2025): Juni

Strategi Inovatif Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran: Studi Kasus di SMPN 3 Jombang

Muslimin, Ahmad (Unknown)
Roziqin, Muhamad Khoirur (Unknown)
Anandita, Septian Ragil (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan inovasi guru dalam pemanfaatan media pembelajaran di SMPN 3 Jombang. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, data diperoleh dari wawancara mendalam dengan tujuh guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya keragaman inovasi yang memadukan media digital (aplikasi edukatif, video), media tradisional, hingga metode praktik langsung yang disesuaikan dengan karakteristik siswa dan materi. Dampak positifnya terlihat pada peningkatan minat belajar, pemahaman materi, dan keaktifan siswa. Kebaruan penelitian ini adalah temuan bahwa inovasi tidak hanya bersifat teknis, tetapi juga mengintegrasikan pendekatan pendidikan berbasis budaya lokal yang efektif. Inovasi didukung oleh fasilitas, pelatihan, dan komunitas belajar, namun terhambat oleh kendala waktu dan infrastruktur. Guru mengatasinya melalui strategi adaptif seperti kolaborasi dan penggunaan media sederhana. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman pengembangan inovasi media yang kontekstual dan berkelanjutan untuk menjawab tantangan pembelajaran abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joems

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Journal of Education and Management Studies Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (JoEMS) provides a media to publish scientific articles as a result of research and development in social and political fields. JoESM publishes research, development and review articles in social and political fields with ...