Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk pergeseran makna kata serapan bahasa Arab dalam bahasa Indonesia pada iklan komersial dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran makna tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan data penelitian diperoleh dari media online seperti media sosial, website dan situs marketplace. Data dikumpulkan melalui metode dokumentasi dan simak dengan teknik lanjutan yaitu teknik catat. Adapun analisis data dilakukan dengan metode padan intralingual untuk mengkaji unsur internal kebahasaan dan metode padan ekstralingual untuk menelaah hubungan bahasa dengan unsur di luar bahasa. Kedua metode ini diterapkan melalui teknik hubung banding menyamakan (HBS) dan hubung banding membedakan (HBB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pergeseran makna kata serapan bahasa Arab dalam iklan komersial terjadi dalam dua bentuk utama yaitu perluasan makna dan penyempitan makna. Kata halal mengalami perluasan dari makna religius menjadi simbol kualitas dan legalitas produk; hijrah meluas menjadi simbol gaya hidup Islami modern; sakinah mengalami perluasan menjadi representasi kenyamanan hunian; dan barokah mengalami penyempitan menjadi simbol keuntungan material. Pergeseran makna ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: perbedaan bidang pemakaian, adanya perbedaan tanggapan individual masyarakat Indonesia dan juga adanya perubahan nilai sosial dan budaya masyarakat Indonesia yang mengaburkan batas antara sakral dan profan. Temuan ini menegaskan bahwa bahasa bersifat dinamis dan responsif terhadap perkembangan sosial, budaya, dan ekonomi dalam masyarakat.
Copyrights © 2025