Abstrak Hasil belajar di SMA Negeri 1 Gorontalo Utara setelah dilakukan observasi awal menunjukkan masih rendah dengan nilai rata-rata hasil ulangan semester yaitu 61. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi dinamika litosfer. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus2 kali pertemuan yang terdiri atas pelaksanaan tindakan ,observasi, dan refleksi. Hasil penelitian penerapan model Problem Based Learning dengan pembelajaran berdiferensiasi bahwa siswa di kelas X4 memiliki gaya belajar yang berbeda-beda yaitu gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Hasil belajar siswa pada siklus I berjumlah 75% siswa yang memperoleh nilai lebih dari 86, sedangkan pada siklus II berjumlah 91% siswa yang memperoleh nilai lebih dari 86. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus I dan II, setelah dilakukan penerapan model Problem Based Learning dengan pembelajaran berdiferensiasi. Penerapan model Problem Based Learning dengan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas X4
Copyrights © 2024