Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi
Vol 3, No 2 (2024): Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI DINAMIKA LITOSFER

Buhang, Nursulistiawati (Unknown)
Nurfaika, Nurfaika (Unknown)
Rusiyah, Rusiyah (Unknown)
Kobi, Wiwin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Abstrak Hasil belajar di SMA Negeri 1 Gorontalo Utara setelah dilakukan observasi awal menunjukkan masih rendah dengan nilai rata-rata hasil ulangan semester yaitu 61. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi dinamika litosfer. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus2 kali pertemuan yang terdiri atas pelaksanaan tindakan ,observasi, dan refleksi. Hasil penelitian penerapan model Problem Based Learning dengan pembelajaran berdiferensiasi bahwa siswa di kelas X4 memiliki gaya belajar yang berbeda-beda yaitu gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Hasil belajar siswa pada siklus I berjumlah 75% siswa yang memperoleh nilai lebih dari 86, sedangkan pada siklus II berjumlah 91% siswa yang memperoleh nilai lebih dari 86. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus I dan II, setelah dilakukan penerapan model Problem Based Learning dengan pembelajaran berdiferensiasi. Penerapan model Problem Based Learning dengan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas X4

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

geojpg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Geosfera : Jurnal Penelitian Geografi (GeoJPG, P-ISSN: 2962-5424, E-ISSN: 2962-5416) is a peer-reviewed journal published by Department of Earth Science and Technology, Universitas Negeri Gorontalo. GeoJPG provides open access to the principle that research published in this journal is freely ...