JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 106848 Tanjung Timur

Tarigan, Gita Novalisa Paska Br (Unknown)
Simanjuntak, Eva Betty (Unknown)
Siregar, Arifin (Unknown)
Faisal, Faisal (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran tipe giving question and getting answer berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa pada kelas IV SD Negeri 106848 Tanjung Timur Tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pretest Posttest Nonequivalent Control Groups Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 106848 Tanjung Timur berjumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji hipotesis dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05, mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest pada kedua kelompok, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 106848 Tanjung Timur Tahun ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...