JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Neardpod untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kegiatan Ekonomi di UPT SDN 060910 Medan Denai

Siregar, Nur Salimah (Unknown)
Juwita, Putri (Unknown)
Lestari, Nila (Unknown)
Hartati, Sri (Unknown)
Nawa, Khairun (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan PBL untuk meningkatkan minat belajar siswa, mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, dan mengetahui peningkatan minat belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN 060910 Medan Denai yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen penelitian ini menggunakan quizz dengan nearpod, wawancara, lembar kuesioner dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran nearpod dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi kegiatan ekonomi. Hal tersebut dapat dibuktikan dari meningkatnya minat belajar siswa dari kondisi awal (pra siklus) yaitu 60,82 (tidak minat) menjadi 74,21 (cukup minat) pada kondisi akhir siklus II. Persentase jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat dari kondisi awal 44,84%, meningkat menjadi 69,44% pada evaluasi siklus I dan menjadi 88,89% pada evaluasi siklus II.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...