JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kelas X

Zahira, Zahira (Unknown)
Suriyana, Suriyana (Unknown)
Nurdiana, Riyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Tebas. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan kelompok kontrol nonequivalent. Penelitian ini mengambil sampel dua kelas, yaitu kelas XB (eksperimen) dan kelas XG (kontrol) yang dipilih secara Simple Random Sampling. Data yang diperoleh melalui observasi dan tes menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki nilai rata-rata posttest yang lebih tinggi (77,43) dibandingkan kelompok kontrol (67,27), dan keduanya telah melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70. Analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa model Quantum Teaching memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap pemahaman konsep matematika siswa, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...