JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDN 107400 Bandar Khalipah

Natali, Ruth (Unknown)
Perangin-Angin, Laurensia Masri (Unknown)
Rozi, Fahrur (Unknown)
Prawijaya, Septian (Unknown)
Aulia, Sri Mustika (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDN 107400 Bandar Khalipah. Dari analisis data diperoleh bahwa hasil uji validitas angket Pretest pada data hasil penelitian sebanyak 30 butir pertanyaan yang valid untuk kriteria pengujian karena telah memenuhi ketentuan rhitung > rtabel hingga pada akhirnya dapat diambil kesimpulan bahwa seluruh kuesioner layak digunakan menjadi instrument penelitian. Hasil uji Validitas pad angket Post test hasil uji validitas pada data hasil penelitian sebanyak 20 butir pernyataan kepada 30 responden, terdapat 14 butir pertanyaan yang valid untuk kriteria pengujian karena telah memenuhi ketentuan rhitung > rtabel hingga pada akhirnya dapat diambil kesimpulan bahwa seluruh kuesioner layak digunakan menjadi instrument penelitian. Dari hasil analisis melalui Ms Excell 2021 diperoleh nilai signifikansi > 0,05. Maka diperoleh T3 > Tabel Shapiro Wilk, maka distribusi data dinyatakan normal terhadap hasil Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDN 107400 BandarĀ  Khalipah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...