JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Graphic Organizer terhadap Hasil Belajar IPAS Pada Siswa Kelas IV SDN 22 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu

Ramadhani, Firda Nafira (Unknown)
Perangin-angin, Laurensia Masri (Unknown)
Zainuddin, Zainuddin (Unknown)
Sirait, Albert Pauli (Unknown)
Manurung, Imelda Free Unita (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran graphic organizer terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SDN 22 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan metode quasi experiment dan menggunakan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 22 Bilah Hulu yang berjumlah 54 siswa dengan kelas eksperimen kelas IV-A berjumlah 28 orang dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data ini adalah tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal. Secara deskriptif nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 57,5 lebih kecil dari nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 83,214. Selanjutnya hasil uji hipotesis uji t diperoleh thitung > ttabel atau 9,959 > 2,007 dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian secara statistik dinyatakan bahwa model pembelajaran graphic organizer berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPAS di kelas IV SDN 22 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...