Proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan interaksi antara semua komponen pembelajaran yaitu sarana prasarana, metode, strategi dan media pembelajaran serta lingkungan yang mendukung ketercapaian proses pembelajaran. E-modul merupakan salah satu media pembelajaran interaktif dilengkapi dengan teks, gambar, animasi, dan video pembelajaran, serta dapat diakses secara realtime melalui laptop dan smartphone. Masalah utama yang dibahas dalam penyelidikan ini berkaitan dengan metodologi instruksional yang digunakan dalam kurikulum database dalam program Pendidikan Teknologi Informasi. Saat ini, bahan pengajaran utama yang digunakan terdiri dari modul cetak tradisional; Namun, materi tersebut dianggap relatif tidak efektif, terutama mengingat kemajuan pesat dalam teknologi informasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar berbasis e-modul matakuliah basis dan untuk mengetahui tingkat kelayakannya sebagai bahan ajar. Kerangka metodologis yang digunakan dalam penelitian ini mencakup Penelitian dan Pengembangan (R&D) dalam konteks penelitian ini terdiri dari fase: definisi, desain, pengembangan, dan diseminasi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tinjauan literatur, dan metodologi survei, sedangkan teknik analitis yang diterapkan bersifat deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menghasilkan produk e-modul berbentuk flipbook berbasis web dan di desain dengan aplikasi canva. Berdasarkan penilaian ahli materi presentase E-modul yang dikembangkan sebesar 73% yang berarti Layak untuk digunakan sebagai bahan ajar sedangka penilaian dari ahli media sebesar 91% dan Sangat Layak untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar matakuliah basis data.
Copyrights © 2024