Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fasilitas perpustakaan dan minat membaca siswa kelas V SD Negeri 106166 Marindal II. Aadapun jenis penelitian ini adalah asosiatif (hubungan) kausal dengan teknik korelasional. Subjek dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 106166 Marindal II yang berjumlah 44 siswa. Pengambilan data menggunakan observasi, angket fasilitas perpustakaan variabel (X) dan angket minat membaca siswa variabel (Y) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Berdasarkan data yang telah terkumpul diperoleh hasil perhitungan kolerasi yaitu = 0,70 > = 0,304. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara fasilitas perpustakaan dan minat membaca siswa kelas V SD Negeri 106166 Marindal II. Hubungan tersebut berada pada kategori sedang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin sering siswa mengunjungi perpustakaan dalam memanfaatkan seluruh fasilitas perpustakaan berupa koleksi buku bacaan, maka siswa akan mempunyai minat membaca yang tinggi.
Copyrights © 2024