JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Analisis Tindak Tutur Direktif terhadap Guru dalam Proses Pembelajaran di Kelas SMP Negeri 27 Medan

Aura, Sania Dwi (Unknown)
Ritonga, Siti Fatimah Sari (Unknown)
Balqis, Raditya (Unknown)
Sihaloho, Sintya Stefanie (Unknown)
Simorangkir, Shelly Dwira (Unknown)
Angin, Irenita Br Perangin (Unknown)
Pasaribu, Asril Rouli (Unknown)
Tarigan, Josua Vatrick (Unknown)
Puteri, Anggia (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2024

Abstract

Artikel ini menguraikan berbagai bentuk serta strategi tindak tutur direktif yang digunakan guru selama pembelajaran di SMP Negeri 27 Medan. Fokus penelitian ini yaitu tindak tutur direktif guru khususnya pada mapel bahasa Indonesia. Dengan metode observasi dan teknik pencatatan, data primer dikumpulkan dari tindak tutur langsung guru selama sesi pembelajaran. Temuan penelitian memaparkan bahwasannya terdapat 5 bentuk tindak tutur direktif, diantaranya perintah, himbauan, saran, permintaan, dan penolakan. Selain itu, tindakan tutur basa-basi sesuai tata krama positif dan tindak tutur langsung tanpa basa-basi adalah dua strategi tindak tutur yang digunakan.Temuan ini memberikan wawasan mengenai pola komunikasi yang digunakan guru dalam mengelola interaksi kelas dan pengaruhnya terhadap efektivitas proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...