JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Project Citizenship Jika Kami menjadi Presiden untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IX-I SMP Negeri 12 Surabaya

Agustin, Herlina (Unknown)
Wulansari, Resty (Unknown)
Setyowati, Raden Roro Nanik (Unknown)
Prihatin, Anna Aisyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2024

Abstract

Minat belajar adalah dorongan atau ketertarikan seseorang untuk memperlajari sesuatu. Minat belajar yang tinggi dapat membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan afektif karena seseorang lebih aktif terlibat dan termotivasi untuk mengeksporasi. Pada Pra siklus yang dilakukan SMP Negeri 12 Surabaya Kelas IX-I diketahui memiliki minat belajar yang rendah. Model Project Based Learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang bersifat kontekstual dengan menggunakan proyek sebagai media, sehingga diharapkan dapat merubah cara belajar peserta didik secara mandiri dengan meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan minat belajar melalui implementasi model pembelajaran berbasis proyek yaitu model Project Based Learning (PjBL) pada peserta didik kelas IX-I di SMP Negeri 12 Surabaya. Penelitian ini merupakan action research (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari dua siklus. Model pembelajaran ini dilakukan dengan langkah-langkah; merancang pertanyaan mendasar, menyusun rencana pembuatan proyek, menjalankan kegiatan proyek, memantau perkembangan proyek, membuat penilaian terhadap proyek, dan mengevaluasi. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) telah terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik sebesar 8.29% dari pra siklus ke siklus 1 dan dari siklus I ke II memiliki peningkatan sebanyak 7.43%. Oleh karena itu, model Project Based Learning (PjBL) disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...