Penelitian ini bertujuan mengevaluasi penerapan media Wordwall dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IX-H SMP Negeri 12 Surabaya. Model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan langkah-langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 35 siswa, dimana data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Wordwall secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa. Rata-rata skor motivasi siswa pada pra-siklus tercatat 64,23% (kriteria cukup), meningkat menjadi 70,48% (kriteria tinggi) di siklus I, dan mencapai 80,56% (kriteria tinggi) di siklus II. Aktivitas interaktif yang disediakan oleh Wordwall, seperti kuis dan permainan, berhasil menarik perhatian siswa dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan penggunaan media Wordwall dan model TGT sangat efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, menjadikannya metode yang layak diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk membuatnya lebih menarik dan relevan.
Copyrights © 2024