JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Upaya Meningkatkan Keterampilan Kolabolarasi melalui Model Literature Circle Pada Pembelajaran Pecahan Senilai Siswa Kelas IV SD Negeri 060925 Medan Amplas

Syahwitri, Syahwitri (Unknown)
Siregar, Horia (Unknown)
Nurjanah, Nurjanah (Unknown)
Dwi, Dara Fitrah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan kolaborasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran Literature Circle pada pembelajaran matematika pecahan senilai siswa kelas IV SD Negeri 060925 Medan Amplas Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa keterampilan kolaborasi belajar peserta didik pada muatan matematika siswa kelas IV SD Negeri 060925 Medan Amplas masih rendah, dengan hasil observasi keterampilan kolaborasi belajar peserta didik sebesar 39,77%. Peserta didik merasa bosan saat pembelajaran berlangsung serta model pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang efektif berdampak pada materi yang dipelajari tidak tersampaikan dengan baik pada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 diperoleh peningkatan jumlah peserta didik yang menunjukkan keterampilan kolaborasinya berjumlah 5 orang dengan persentase yang diperoleh yaitu sebesar 44% dengan peningkatan sebesar 20%. Sedangkan pada siklus 2 peserta didik yang sudah tuntas dalam keterampilan kolaborasinya berjumlah 18 orang dengan persentase keberhasilan 76% dimana peningkatan yang terjadi dari siklus 1. Maka dapat disimpulkan keterampilan kolaborasi belajar peserta didik pada muatan Matematika di kelas IV SD Negeri 060925 Medan Amplas dapat meningkat setelah diterapkan model pembelajaran Literature Circle.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...