Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang ide pendidikan holistik, yang digunakan di Sekolah Dasar (SD). Pendidikan holistik menekankan pengembangan siswa secara menyeluruh dari segi kognitif, afektif, sosial, dan fisik. Metode ini dimaksudkan untuk menghasilkan siswa yang sehat dan siap menghadapi semua tantangan kehidupan. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan dilakukan sebagai studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen yang terkait dengan kurikulum dan pelaksanaan pendidikan holistik di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan holistik di sekolah dasar melibatkan berbagai pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, interaksi yang baik antara guru dan siswa, dan kegiatan yang berfokus pada siswa. Hasil ini menunjukkan betapa pentingnya menggunakan pendekatan yang lebih luas dalam pendidikan dasar untuk mempersiapkan siswa untuk menjadi individu yang berkarakter, kreatif, dan tahan terhadap perubahan sosial.
Copyrights © 2024