JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Hubungan Aktivitas Belajar dan Pemberian Tugas dengan Motivasi Belajar Siswa SD Negeri 70 Lamurukung Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone

Damawati, Riska (Unknown)
Tolla, Ismail (Unknown)
Pada, Amir (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2024

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran aktivitas belajar, pemberian tugas, motivasi belajar SD Negeri 70 Lamurukung kecamatan Tellu Siattinge kabupaten Bone? dan apakah terdapat hubungan yang signifikan aktivitas belajar dan pemberian tugas dengan motivasi belajar SD Negeri 70 Lamurukung kecamatan Tellu Siattinge kabupaten Bone ?. Penelitian ini adalah penelitian korelasi yang bertujuan mengetahui gambaran aktivitas belajar, pemberian tugas, motivasi belajar dan hubungan aktivitas belajar dan pemberian tugas dengan motivasi belajar SD Negeri 70 Lamurukung kecamatan Tellu Siattinge kabupaten Bone. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa Kelas tinggi di SD Negeri 70 Lamurukung kecamatan Tellu Siattinge kabupaten Bone yang berjumlah 66 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 66 siswa. Teknik analisis data yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah gambaran aktivitas belajar menunjukkan kategori tinggi dan pemberian tugas menunjukkan kategori tinggi dengan motivasi belajar menunjukkan kategori tinggi serta aktivitas belajar dan pemberian tugas memiliki hubungan secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa khususnya di Kelas tinggi SD Negeri 70 Lamurukung kecamatan Tellu Siattinge kabupaten Bone.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...