Penelitian ini mengungkapkan bahwa dengan menggunakan board game sebagai media pembelajaran bisa meningkatkan kemampuan mengenal huruf konsonan pada peserta didik dengan hambatan pendengaran di SLB Al-Azhar Bukittinggi. Metodologi yang diterapkan adalah Single Subject Research (SSR) memakai desain A-B-A, dan data dianalisis menggunakan grafik visual. Pada pengamatan awal baseline (A1), kemampuan pengenalan huruf konsonan perolehan data 35%, 35% dan 35% yang menunjukkan perlunya intervensi. Setelah penerapan board game, terjadi peningkatan signifikan selama fase intervensi (B) dengan perolehan data 40%, 45%, 50%, 65%, 85%, 90% dan 90%. Pada kondisi baseline (A2) diperoleh data 90%, 90% dan 90%. Temuan ini menunjukkan bahwa board game efektif sebagai media pembelajaran yang menarik dan interaktif, yang membantu peserta didik disabilitas rungu dalam mengenal huruf konsonan. Kesimpulannya, penelitian ini menegaskan bahwa media pembelajaran inovatif board game dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan proses belajar peserta didik disabilitas rungu dalam mengenal huruf konsonan, serta memberikan dampak positif bagi peserta didik.
Copyrights © 2024