JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Metodologi Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif :Kajian Konsep, Desain, dan Manfaatnya

Siregar, Asri Yanti (Unknown)
Murhayati, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pentingnya pemahaman tentang studi kasus sebagai metode utama dalam penelitian kualitatif, terutama untuk menjelaskan fenomena kompleks dalam konteks nyata. Studi kasus memungkinkan peneliti mengkaji hubungan antar variabel secara mendalam dengan mempertimbangkan faktor-faktor kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk membahas konsep dasar studi kasus, merumuskan desain penelitian yang efektif, serta mengidentifikasi manfaat yang dapat diperoleh melalui pendekatan ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur, dengan menganalisis teori dan praktik yang relevan terkait penerapan studi kasus. Penelitian ini juga mengulas teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan analisis dokumen, serta pentingnya triangulasi untuk memastikan validitas temuan. Hasil kajian menunjukkan bahwa studi kasus menawarkan fleksibilitas, relevansi praktis, dan wawasan mendalam, meskipun terbatas dalam aspek generalisasi dan reliabilitas. Desain penelitian yang baik meliputi penentuan tema, formulasi proposisi, dan analisis data menjadi elemen penting dalam keberhasilan studi kasus. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan penelitian kualitatif, khususnya dalam merancang studi kasus yang dapat diterapkan secara luas pada berbagai fenomena sosial dan pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...