JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Penilaian dan Penskoran dalam Evaluasi Pembelajaran PAI

Hasni, Dwi Meutia (Unknown)
Mendrofa, Intan Nuraini (Unknown)
Khairunnisa, Resa (Unknown)
Islami, Nurul (Unknown)
Panggabean, Septina Hafy Safitri (Unknown)
Fitria, Ananda (Unknown)
Branco, Margareta Virnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2024

Abstract

Penilaian dan penskoran merupakan komponen penting dalam proses pendidikan untuk mengukur pencapaian siswa, memberikan umpan balik, serta mendukung pengembangan metode pembelajaran. Penilaian tidak hanya berfungsi sebagai alat evaluasi, tetapi juga sebagai sarana refleksi untuk meningkatkan motivasi siswa, efektivitas pengajaran, dan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Data dari hasil penilaian berperan dalam pengambilan keputusan berbasis bukti untuk pengembangan kurikulum dan pelatihan guru.Penskoran sebagai bagian dari penilaian mencakup berbagai teknik seperti rubrik analitik, holistik, serta skala nilai yang dirancang untuk memberikan hasil yang objektif dan adil. Pendekatan ini memastikan evaluasi kompetensi siswa yang lebih komprehensif, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Dengan penerapan penilaian dan penskoran yang tepat, proses pembelajaran menjadi lebih terarah, adaptif, dan berorientasi pada peningkatan kompetensi siswa serta mutu pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...