JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Pemberian Pisang Ambon (Musa Acuminata Cavendish. S) terhadap Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi di Desa Pakava Kecamatan Pasangkayu

Safitri, Rani (Unknown)
Rahmayanti, Elifa Ihda (Unknown)
Hutabarat, Sintong H. (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2024

Abstract

Hipertensi merupakan naiknya tekanan darah melebihi batas normal yaitu >140 mmHg dan diastolik mencapai >90. Pisang ambon merupakan salah satu buah-buahan dengan kandungan kalium yang cukup tinggi, cara kerja buah ini yaitu dengan membantuĀ  menurunkan dan menstabilkan tekanan darah, asupan pada kalium pada seseorang dapat mempengaruhi tekanan darah. Tujuan dari penelitian ini yaitu dibuktikannya pengaruh pemberian pisang ambon (musa acuminata cavendish. S) terhadap tekanan darah pada penderita hipertensi di Desa Pakava Kecamatan Pasangkayu. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode True Experimental dan desain pretest-posttest control group design. Jumlah populasi penelitian ini yaitu 66 orang dengan jumlah sampel 15 orang, denganĀ  tekhnik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan perlakuan dari 15 responden, sebagian besar mempunyai tekanan darah pada kategori Grade 2 sebanyak 6 responden (40%) dan setelah diberikan perlakuan sebagian besar mempunyai tekanan darah pada kategori Grade I sebanyak 11 responden (73,3%). Hasil penelitian dari 15 responden pada kelompok perlakuan menggunakan Paired Sample t-Test dan hasil didapatkan nilai p=0,000 (p<0,05). Ada pengaruh pemberian pisang ambon (musa acuminata cavendish. S) terhadap tekanan darah pada penderita hipertensi di Desa Pakava Kecamatan Pasangkayu. Bagi Desa Pakava agar dapat memanfaatkan pisang ambon ini untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...