JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Peran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan: Studi Kasus di SMK Negeri 1 Nanga Pinoh

Michael, Michael (Unknown)
Wicaksono, Luhur (Unknown)
Syahrudin, Husni (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan transformasional di SMK Negeri 1 Nanga Pinoh dan dampaknya terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan desain studi kasus dengan pendekatan kualitatif, di mana data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diterapkan adalah analisis tematik dengan model analisis interaktif menurut Miles dan Huberman, yang meliputi proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah berhasil mengimplementasikan empat komponen utama kepemimpinan transformasional, yaitu Idealized Influence, Inspirational Motivation, Intellectual Stimulation, dan Individualized Consideration, yang secara positif mempengaruhi pemberdayaan guru, motivasi siswa, serta pengembangan kurikulum. Namun, kendala keterbatasan sumber daya dan minimnya dukungan eksternal masih menjadi tantangan yang perlu diatasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun kepemimpinan transformasional dapat meningkatkan kualitas pendidikan, pencapaian hasil yang optimal memerlukan penyesuaian kebijakan dan peningkatan dukungan dari berbagai pihak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...