Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media evaluasi belajar quiziz dan wordwall terhadap peningkatan minat belajar dan bernalar kritis peserta didik kelas 5B pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan pengajaran. Hasil penelitian mengenai peningkatan minat belajar menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran wordwall dengan fitur flip card dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dibandingkan dengan quiziz papermode, karena media pembelajaran wordwall di desain menarik yaitu flip card bergambar yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Sedangkan hasil penelitian mengenai daya bernalar kritis menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran wordwall dengan fitur flip card dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dibandingkan dengan quiziz papermode, karena dengan adanya flip card bergambar peserta didik dapat menganalisis gambar tersebut dan menganalisis jenis norma yang terdapat pada gambar dan sanksi yang diperoleh jika melanggar norma tersebut.
Copyrights © 2024