JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Implementasi Pendidikan Karakter dalam Perspektif Agama Islam

Muis, Muhammad Aufa (Unknown)
Maisarah, Alya (Unknown)
Ramadhani, Cahya (Unknown)
Syahwira, Erwin (Unknown)
Rahmadiani, Fani (Unknown)
Salsabila, Marisa (Unknown)
Rendra, Muhammad Egi Khareza (Unknown)
Alfattah, Muhammad Riski (Unknown)
Zulaiqah, Nur Alya (Unknown)
Wahida, Nurul (Unknown)
Hidayat, Rahmat (Unknown)
Handani, Rendi (Unknown)
Kinanti, Runi Lara (Unknown)
Maharani, Siti (Unknown)
Rahmawati, Siti Intan (Unknown)
Mulyani, Sri (Unknown)
Washilah, Washilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Pelaksanaan pendidikan karakter adalah langkah strategis dalam membangun karakter generasi yang berkualitas, beretika, dan bermoral. Pandangan Islam menekankan bahwa pendidikan karakter tidak hanya ditujukan untuk membentuk manusia yang beretika di dunia, tetapi juga sebagai persiapan untuk kehidupan setelah mati. Prinsip-prinsip Islam seperti kejujuran, tanggung jawab, keadilan, dan cinta kasih menjadi dasar penting dalam pengembangan karakter seseorang. Studi ini bertujuan untuk menyelidiki penerapan pendidikan karakter berbasis Islam dalam konteks pendidikan formal, informal, maupun nonformal. Pendekatan yang diterapkan mencakup penyatuan nilai-nilai keislaman dalam kurikulum, aktivitas sehari-hari, serta pembiasaan tindakan positif melalui contoh (uswatun hasanah) dari para pendidik. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa penerapan pendidikan karakter berlandaskan Islam dapat menciptakan siswa yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berakhlak terpuji. Penemuan ini menegaskan betapa pentingnya kolaborasi antara pendidikan agama dan pendidikan karakter sebagai dasar untuk membentuk generasi penerus yang berkualitas dan berakhlak Islami.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...