Kurikulum Merdeka mendorong pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan model seperti Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL), dan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini menganalisis pengaruh jenis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap antusiasme siswa dalam proyek pembelajaran. Dua LKPD yang digunakan adalah Pop-Up Book dan Peta Budaya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V SD Negeri Kalibanteng Kidul 03, Kota Semarang dengan topik Budaya Daerah Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih antusias menggunakan LKPD Peta Budaya karena lebih relevan dengan kehidupan sehari-hari, sementara LKPD Pop-Up Book dinilai lebih teknis dan menantang. Penelitian ini menekankan pentingnya memilih LKPD sesuai karakteristik siswa untuk meningkatkan motivasi belajar, serta efektivitas model pembelajaran berbasis proyek dalam mencapai tujuan Kurikulum Merdeka.
Copyrights © 2024